Tuesday, March 15, 2016

3 Alternatif Freeware Command Prompt Windows cmd


alternatif windows cmd
Jendela perintah command prompt Windows, atau yang biasa dikenal dengan CMD, atau konsol DOS mengizinkan pengguna untuk dapat membuat perintah DOS pada sistem operasi Windows.

Penggunaan cmd hanya berlaku untuk satu tugas perintah dalam satu jendela karena masih dapat dikendalikan.

Namun menjadi tidak efisien untuk penggunaan banyak jendela command prompt.

Itulah mengapa pengguna memilih menggunakan salah satu dari alternatif yang tersedia atau sebagai pengalih cmd.

Berikut 3 Freeware Alternatif cmd :

ColorConsole adalah sebuah alternatif command prompt yang dapat berjalan di berbagai OS seperti Windows Server 2000, 2003, 2005, Windows XP, Vista, Windows 7 dan 8.

Pada software ini terdapat fitur seperti kemampuan untuk menyimpan sebagai favorit perintah yang sering digunakan, mengekspor hasil perintah ke dalam format html dan rtf, antarmuka berbasis tab, dan dengan cepat mengganti akses folder melalui toolbar.

Pengguna juga dapat mengubah warna dan jenis tulisan atau font dengan cepat dan mudah.

ColorConsole dapat ada download melalui link ini.


Console2 atau sering disebut Console adalah software alternatif command prompt yang sangat baik karena terdapat fitur tab, sehingga dapat menampung banyak perintah dalam berbagai tab yang berbeda.

Masing-masing tab memiliki nama yang dapat dirubah oleh pengguna. Sortir teks juga dapat dilakukan dengan menekan dan menahan tombol Shift di keyboard sambil klik kiri pada mouse.

Berbagai pengaturan juga dapat dilihat di menu Edit kemudian pilih Settings. Console2 juga tersedia dalam versi portable atau tidak perlu install.

Console2 dapat diunggah melalui link ini.


ConEmu sedikit berbeda dengan alternatif lainnya karena merupakan sebuah konsol emulator berbasis Windows. Seperti beberapa alternatif sebelumnya, ConEmu juga menyediakan tab untuk membuka banyak konsol dalam satu jendela saja.

Program ini juga memiliki kemampuan tampilan dengan layar penuh(full screen) yang dapat diperoleh hanya dengan menekan tombol Alt + Enter pada keyboard.

Mode layar penuh akan menjadi semakin apik jika tampilan jendela diatur menjadi transparan. Sehingga memudahkan dalam membuat perintah, karena berlatar dinamis.

ConEmu bisa didownload di link ini.

Beberapa alternatif lain dengan software yang bersifat freeware. Masih kurang optimal untuk dapat melebihi atau menyempurnakan program cmd. Atau jika mendapati alternatif yang lebih baik dan mungkin sedang digunakan, dapat anda share melalui kolom komentar.

No comments:

Post a Comment

Diharapkan untuk tidak melakukan spam.

© 2016 TukAps Made in Indonesia. All rights reserved the content is copyrighted to tanagus. Powered by Blogger